Cagar Alam Nasional Geowisata Karangsambung

Kabupaten Kebumen Nampaknya Sudah Digariskan Sebagai Daerah Yang Amat Kaya Akan Potensi Alam Yang Sangat Potensial Sebagai Tujuan Wisata. Kita Sebut Saja Satu Per Satu, Obyek Wisata Seperti Goa Jatijajar, Goa Petruk, Pantai Logending, Pantai Petanahan, Pantai Karangbolong, Pemandian Air Panas Krakal Serta Beberapa Obyek Lainnya, Geologi / Batuan Karangsambung Ini. Karena Itu, tidak Mengherankan Bila Ada Yang Menyebut Berwisata Ke Kebumen Merupakan Jenis Wisata Alam (Nature Tourism).

Karangsambung adalah sebuah kecamatan yang terletak di Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia.

Di Kecamatan Karangsambung terdapat Lokasi Cagar Alam Geologi Nasional yang dikelola oleh Balai Informasi Dan Konservasi Kebumian Karangsambung-Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. Cagar Alam Geologi Nasional-Karangsambung merupakan laboratorium alam untuk mempelajari geologi pada khususnya dan kebumian pada umumnya. Terdapat berbagai batuan yang berumur antara 125-65 juta tahun yang lalu. Pada zaman tersebut kawasan Karangsambung merupakan dasar samudera. Akibat tumbukan antara tiga lempeng bumi, maka kawasan Karangsambung sekarang terangkat ke permukaan.

Berwisata Ke Karangsambung, Belum Dikata Merupakan Suatu Bentuk Wisata Yang Khas, Berbeda Dengan Berwisata Ke Obyek-Obyek Yang Lain, Karena Lebih Condong Bersifat Wisata Ilmiah. Atau Lebih Khusus Lagi, Dikenal Sebagai Wisata Ilmiah (Geo Wisata). Bagaimana Sebenarnya Bentuk Wisata Ke Obyek Yang Satu Ini, Mudah-Mudahan Tulisan Ini Bisa Memberikan Sedikit Informasi Tentang Hal Itu.

Apakah Anda Ingin Melihat Dan Ingin Tahu Seperti Apa Wujud Batuan Dasar Samudera, Batuan Dasar Pulau Jawa Yang Terangkat, Bekas-Bekas Tumbukan, Aneka Cindera Mata Dari Batu Mulia Beserta Penjelasan Ilmiahnya. Itulah Antara Lain Tawaran Simpatik Yang Disodorkan Oleh Obyek Wisata Ini. Saran Kami, Jangan Sia-Siakan Begitu Saja Penawaran Itu, Segera Kita Langkahkan Kaki Kita Ke Sana. Sebab, Dalam Kenyataannya Para Wisatawan Manca Begitu Antusias Untuk Mengenal Dari Dekat ‘Taman Batuan Alam’ Yang Konon Merupakan Taman Geologi Yang Terlengkap Di Asia Pasifik. Jadi, Apakah Kita Harus Kalah Dalam Semangat ‘Ingin Tahu’ Dengan Bangsa Manca Terhadap Kekayaan Milik Kita Sendiri.

Sebagai Gambaran Bagi Anda, Di Karangsambung Kita Akan Mendapat Penjelasan Tentang Keunikan Karangsambung, Melihat Contoh Batuan, Proses Pembuatan Kerajinan Batu Mulia Dan Hasilnya Yang Siap Dijual Preparasi Batuan Dan Analisa / Uji Mutu Serta Pemaduan Ke Beberapa Lokasi Batuan Yang Sangat Penting Bagi Dunia Ilmu Pengetahuan Yang Tersingkap Di Lapangan.

Close Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>